Ketua PWI Paluta Narasumber Sosialisasi KPU Paluta: Peran Media dalam Pemilihan Bupati 2024

GeraiMedia.Com-Paluta. Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Tohong P. Harahap, menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan sosialisasi penyusunan visi misi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara berdasarkan RPJPD yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Paluta. Acara ini berlangsung di Aula Cafe Keluarga pada Kamis (8/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua KPU Paluta, Raja Dolok Harahap, dan dihadiri oleh berbagai peserta, termasuk dari Pabung Paluta, Kesbang Linmas, perwakilan partai politik, serta PPK se-Paluta.

Tohong P. Harahap menyatakan bahwa media memiliki peran penting dalam menyukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara pada November 2024, khususnya dalam penyusunan visi misi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati berdasarkan RPJPD.

“Keberadaan media tidak bisa dipungkiri telah banyak berpengaruh terhadap perubahan sosial, politik, dan ekonomi. Artinya, siapa yang menguasai media, dia akan menguasai dunia,” ujar Tohong mengawali paparannya.

Menurutnya, peran pers dan media sangat krusial pada Pemilu tahun 2024, karena pers sebagai pilar keempat demokrasi memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan suksesnya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara. Lebih lanjut, pers (media massa) berfungsi sebagai instrumen untuk menyampaikan gagasan, ide, pesan, atau bahkan program kerja politik, mengingat efektivitasnya dalam menyebarluaskan informasi, termasuk dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

“PWI Kabupaten Padang Lawas Utara berkomitmen untuk turut serta dalam memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat melalui pemberitaan yang berimbang sesuai dengan Kode Etik Jurnalis,” tambahnya.

Selain Ketua PWI Paluta, narasumber lainnya termasuk Bapeda Paluta dan Komisioner KPU Paluta, Wiga Haryadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *